b.Pergaulan

Artikel Pergaulan Bebas

Inilah pembahasan mengenai artikel pergaulan bebas anak muda jaman sekarang, khususnya anak muda yang berada dikehidupan kota-kota besar di Indonesia. Dimana kecenderungan pergaulan para anak muda itu dinilai bermasalah karena sudah banyak menyimpang dari norma-norma ketimuran.

Di dalam masalah anak muda sekarang ini,banyak hal yang sangat di sayangkan dalam pergaulannya.Saya akan menguraikan sebagian besar masalah yang di alami oleh anak muda saat ini.Sebagai contoh ialah : Seks bebas,narkoba,kehidupan malam,aalcohol.Dan saya akan menjelaskan efek dari akibat dari contoh-contoh tersebut.Seperti seks bebas,narkoba,kehidupan malam,alcohol dan akibatnya.

Seks bebas di dalam saat sekarang ini bias di bilang melekat di dalam kehidupran anak muda saat sekarang ini.Seperti yang pernah saya dengar bahwa murid SD (Sekolah Dasar) sudah mulai belajar tentang seks,entah dari media internet maupun majalah-majalah porno.Dan banyak kasus yang di temukan bahwa anak SD pun sudah berani untuk berbuat seks.Dan dari hal tersebut bisa berkembang hingga mereka dewasa.Apa yang seharusnya dilakukan adalah perlunya bimbingan dari orang tua maupun dari pihak sekolah.Tanpa ada bimbingan tersebut hal seks bebas bias sangat rentan sekali.Maka itu di perlukan bantuan dari segala pihak,orang tua maupun pihak sekolah

Narkoba adalah hal yang berkaitan juga dengan hal pertama yang saya bahas di atas,karena rasa keingin tahuan dari anak-anak maupun remaja.Narkoba adalah zat yang sangat berbahaya karena bisa merusak generasi bangsa kita.Dan di perlukan pula bimbingan dari semua pihak.

Kehidupan malam juga merupakan suatu kaitan dengan hal-hal di atas,karena berawal dari seks bebas,yg akhirnya bisa ke narkoba karena sangat mudah di dapat di dalam kehidupan malam,contoh seperti diskotik atau café-café

Alkohol adalah hal sangat rentan menyebabkan hal-hal di atas bisa terjadi,karena dengan alcohol bisa sangat mudah kita berbuat hal negative tanpa berpikir panjang.

Akibat dari semua itu adalah rusaknya generasi bangsa kita,apakah kita mau hal tersebut terjadi di kalangan anak muda kita,tentu saja tidak.Oleh karena itu mari kita bersama untuk menanggulangi hal-hal di atas.Yang intinya saat dari dini kita harus mendapatkan pelajaran tentang memilih jalan dan hal yang benar dan positive.Demikianlah sedikit pembahasan dari saya.Terima kasih

sumber : http://karodalnet.dagdigdug.com/2010/10/08/artikel-pergaulan-bebas/

VI. PMS DAN HIV/AIDS

Apakah HIV/AIDS itu?

AIDS singkatan dari
 Aquired Immuno Deficiency Syndrome
. Penyakit ini adalahkumpulan gejala penyakit akibat menurunnya system kekebalan tubuh. Penyebabnyaadalah virus HIV. HIV sendiri adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus.
Apakah HIV/AIDS termasuk PMS?
Ya, karena salah satu cara penularannya adalah melalui hubungan seksual. Selain itu HIVdapat menular melalui pemakaian jarum suntik bekas orang yang terinfeksi virus HIV,menerim tranfusi darah yang tercemar HIV atau dari ibu hamil yang terinfeksi virus HIVkepada bayi yang dikandungannya. Di Indonesia penularan HIV/AIDS paling banyak melalui hubungan seksual yang tidak aman serta jarum suntik (bagi pecandu narkoba).
Tanda-tanda dan gejala HIV/AIDS
Sesudah terjadi infeksi virus HIV, awalnya tidak memperlihatkan gejala-gejala khusus.Beru beberapa minggu sesudah itu orang yang terinfeksi sering menderita penyakitringan sehari-hari seperti flu atau diare. Pada periode 3-4 tahun kemudian penderita tidak memperlihatkan gejala khas atau disebut sebagai periode tanpa gejala, pada saat ini penderita merasa sehat dan dari luar juga tampak sehat. Sesudahnya, tahun ke 5 atau 6mulai timbul diare berulang, penurunan berat badan secara mendadak, sering sariawandimulut, dan terjadi pembengkakan di kelenjar getah bening dan pada akhirnya bisaterjadi berbagai macam penyakit infeksi, kanker dan bahkan kematian.
Bagaimana bisa terhindar dari HIV/AIDS?
Lebih aman berhubungan seks dengan pasangan tetap (tidak berganti-ganti pasanganseksual). Hindari hubungan seks di luar nikah. Menggunakan kondom jika melakukanhubungan seksual berisiko tinggi seperti dengan pekerja seks komersial; sedapat mungkinmenghindari tranfusi darah yang tidak jelas asalnya; menggunakan alat-alat medis dannon media yang terjamin streril.
Dapatkah HIV/AIDS diobati?
Sampai sekarang,
belum ditemukan cara pengobatan yang tuntas
, saat ini yang adahanyalah menolong penderita untuk mempertahankan tingkat kesehatan tubuhnya.
Bagaimana mendeteksi HIV/AIDS?
Dengan melakukan tes-tes darah sesuai tahapan perkembangan penyakitnya. Untuk mendeteksi adanya antibodi terhadap virus HIV, yang menunjukkan adanya virus HIVdalam tubuh, dilakukan tes darah dengan cara
 Elisa
sebanyak 2 kali. Kemudian bilahasilnya positif, dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan cara
Western Blot
atau
 Immunofluoresensi.
Mitos yang salah seputar HIV/AIDS?
Beberapa mitos yang salah yang sering terjadi di masyarakat adalah bahwa berhubungansosial dengan penderita HIV/AIDS akan membuat kita tertular, seperti bersalaman,menggunakan WC yang sama, tinggal serumah, atau menggunakan sprei yang samadengan penderita HIV/AIDS.
Apakah penderita HIV/AIDS perlu dikucilkan?
Sebaiknya penderita jangan dikucilkan. Kita perlu tetap memperlakukannya sebagaiteman dan tidak merubah sikap karena penyakitnya. Memberi mereka dorongan semangatdan juga memperhatikan keterbatasan keadaan fisiknya dalam bergaul.
sumber : http://www.scribd.com/doc/28783865/Artikel-Seks-Bebas-Dan-Cara-Mengatasinya

PELECEHAN DAN KEKERASAN SEKSUAL

Apakah yang disebut pelecehan seksual?
Pelecehan seksual adalah setiap bentuk perilaku yang memiliki muatan seksual yangdilakukan seseorang atau sejumlah orang namun tidak disukai dan tidak diharapkan olehorang yang menjadi sasaran sehingga menimbulkan akibat negatif, seperti: rasa malu,tersinggung, terhina, marah, kehilangan harga diri, kehilangan kesucian dan sebagainya, pada diri orang yang menjadi korban.
Apa contoh pelecehan seksual?
Banyak sekali, mulai dari siulan nakal seorang pria terhadap perempuan yang dikenalatau yang tidak dikenalnya, lelucon-lelucon cabul, perilaku meraba-raba tubuh korbandengan tujuan seksual, pemaksaan dengan ancaman kekerasan atau ancaman lainnya agar korban bersedia melakukan hubungan seksual, dan sebagainya. Perkosaan adalah pelecehan paling ekstrem.
Apakah perkosaan hanya dilakukan oleh orang yang dikenal sebagai penjahat?
Tidak. Dalam banyak kasus perkosaan dilakukan oleh orang yang sudah dikenal korban.Misalnya: teman dekat, kekasih, saudara, ayah (tiri maupun kandung), guru, pemukaagama, atasan dan sebagainya. Dalam banyak kasus lainya, perkosaan dilakukan olehorang-orang yang baru dikenal dan semula nampak sebagai orang baik-baik yangmenawarkan bantuan misalnya, mengantarkan korban ke suatu tempat.
Bagaimana mencegah terjadinya pelecehan?
Pada dasarnya, setiap orang harus menunjukan bahwa dia tak bersedia dilecehkan. Kamusepantasnya tidak memberikan peluang pada pihak manapun untuk melecehkan dirimu.Sebagai contoh, kamu harus menunjukkan sikap tegas pada saat orang lain melakukantindakan tanda-tanda kearah pelecehan, seperti meminta untuk membuka pakaian ataumeraba-raba. Bahkan sejak kecil, anak-anak sebaiknya diajarkan untuk tidak membiarkanorang lain selain orang tuanya melihat-lihat atau memegang-megang tubuhnya.
Apa yang harus dilakukan jika melihat ada pelecehan terjadi pada orang lain?
Kita harus turut menunjukan penolakan, ketidaksukaan atau bahkan ancaman terhadap pelaku pelecehan, serta mengajak pihak lain bersama mengecam pelecehan. Pelaku pelecehan umumnya akan berhenti melecehkan bila merasa bahwa banyak orangmengetahui tindakannya dan mengecamnya.
Apa yang harus dilakukan bila terjadi perkosaan?
Segera lapor ke polisi. Di kepolisian korban akan diantar ke dokter untuk mendapatkan
visum et repertum
. Apabila korban takut pergi ke kantor polisi, ajaklah teman atausaudara untuk menemani. Kalau terpaksa, koban bisa datang ke rumah sakit terlebihdahulu agar dokter bisa memberikan surat keterangan, dan meminta dokter menghubungi polisi.
Saran sederhana menjaga diri dari perkosaan?
Menunjukan sikap tegas terhadap segala bentuk perilaku yang mencurigakan, selalu bersikap waspada, hindari berjalan di tempat gelap dan sunyi, berpakaian sewajarnya,sediakan selalu senjata di dalam tas, seperti misalnya korek api, deodorant semprot, dansebagainya; jika pergi ke suatu tempat asing, bawa alamat lengkap, denah dan jalur kendaraan sehingga tidak terlihat bingung. Bertanya pada tempat-tempat resmi, sepertikantor polisi, jangan mudah menerima ajakan untuk bepergian atau menginap di tempatyang belum dikenal, jangan mudah menumpang kendaraan orang yang belum di kenal, berhati-hati jika diberi minum orang, pastikan selalu jendela, pintu kamar, rumah, mobilsudah terkunci. Belajar beladiri praktis untuk mempertahankan diri ketika diserang.

 NARKOBA DAN MIRAS

Apa hubungan narkoba dan miras dengan kesehatan repoduksi?
Secara langsung, pecandu narkoba (khususnya mereka yang mempergunakan jarumsuntik) dapat menjadi saran penularan HIV/AIDS. Secara tidak langsung narkoba danmiras biasanya terkait erat dengan pergaulan seks bebas. Di samping itu kecanduan obatterlarang pada orang tua akan mengakibatkan bayi lahir dengan ketergantungan obatsehingga harus mengalami perawatan intensif yang mahal. Kebiasaan menggunakannarkoba/miras dapat menurun pada sifat-sifat anak yang dilahirkan, yaitu menjadi peminum dan pecandu, atau mengalami gangguan mental/cacat. Perempuan “pemakai”mempunyai sikap hidup malas dan kekurangan gizi sehingga mengakibatkan bayi dalamkandungan gugur, berat lahir rendah atau cacat.
Bagaimana menghindarkan diri dari jerat narkoba dan miras
Jangan pernah berpikir untuk mencoba. Tindakan mencoba merupakan langkah awaluntuk terjerumus. Dekatkan diri dengan tuhan. Jadikan keluarga sebagai tempat perlindungan jika menghadapi suatu masalah. Carilah sahabat yang baik. Bergabunglahdengan kelompok yang memiliki tujuan yang positif. Jauhi kelompok yang tidak memiliki tujuan yang jelas.
Apa yang perlu dilakukan jika mengetahui ada orang yang kecanduandisekitarnya?
Ingatlah bahwa masalah narkoba dan miras adalah masalah kita bersama. Semua orangdapat mengalaminya. Karena itu janganlah mengucilkan atau menjauhi mereka yangterkena nakoba dan miras. Sebaliknya rangkulah mereka dan bantulah mereka keluar dari permasalahan tersebut. Dukunglah dan bantulah keluarga korban untuk bersama-samamenolong korban. Jika mengalami banyak hambatan dalam membantu keluarga korban,rujuklah penanganan korban melalui keluarganya kepada pihak yang memilikikemampuan untuk itu.

4 comments on “b.Pergaulan

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s